If You Like This Post, Share it With Your Friends

Puji Tuhan! Lulus Cisco CCDA Certification

2 Mar 2015 - 11:58 WIB

Ini adalah pengalaman sertifikasi pertama saya untuk brand jaringan CISCO,Sebenarnya sudah lama saya menginginkan sertifikasi Cisco (sejak masih TK kali yeee :P),klo dulu kan liat yang udah sertifikasi Cisco itu keren banget kelihatannya, mana kelas Internasional, (iya kali kegantengannya jadi bertambah wkwkwkw)dan kali ini saya dapat kesempatan dari kantor saya untuk mendapatkannya,saya dipersiapkan untuk exam CCDA. wow!!

438bb8424ac19b6bb6537a29c3ec442d_ccda1

tunggu dulu, apa itu CCDA? untuk apa CCDA itu?usut punya usut CCDA itu adalah singkatan dari Cisco Certified Design Associate, wah design, harus jago gambar donk, ups ternyatayang didesign disini adalah data center. jadi CCDA merupakan sertifikat tingkat fondasi dalam sertifikat perancangan(design) jaringan.Seorang kandidat yang telah lulus CCDA diharapkan memiliki kemampuan untuk mendesain infrastruktur jaringanseperti LAN, WAN, dan broadband access untuk kebutuhan bisnis dan organisasi.

nah ada prerequisites untuk mendapatkan CCDA arus memiliki pengetahuan jaringan setara CCNA, nah disini saya hampir kejebak,saya pikir saya ga bisa ujian karena belum dapet sertifikat CCNA. ohh ternyata pengetahuannya yang harus setara bukan sertifikasinya.

Saat itu saya diberi waktu 3 minggu untuk mendapatkan sertifikasinya, saya langsung cari-cari tuh di namboru Google (namboru sama dengan bu’de klo orang Jawa, hehh kok ngawurr), jadi code exam untuk CCDAadalah 640-864 Designing for Cisco Internetwork Solutions,nah saya belajar tu mulai dari VCE simulator, baca pdf, dan baca2 soal di examtut, dstut, examcollection dll.Saya bahas tu soal sampai saya nemu soal yang kontroversial (jiahhh.. bahasanyaaa), maksudnya soal dengan jawaban berbeda versi, kemudian saya tanya2 juga di forum2 untuk jawabannya.Tak lupa saya daftar melalui pearson vue, ternyata bayarnya pake kartu kredit, disini saya pakai kartu kredit boss saya, harga ujiannya saat itu $250 (klo dibeliin bakso dapat brapa mangkok ya. heehe)

24c3ee1567b709c7036b49bf31aec776_payment

skip..skipp. Tibalah hari yang ditunggu2 27 February di Cornell Language Center berlokasi di PIK (Pantai Indah Kapuk), saya diberangkatkan dengan nyanyian dan tari2an (lebay),saya berangkat dengan driver kantor, masuk dan mengurus andministrasi, disini harus menyerahkan ID seperti KTP atau SIM.Sehabis difoto saya disuruh duduk dan menjawab soal di depan sebuah komputer, ada 55 soal selama 90 menit (+30 menit bonus waktu karna test taker bukan native english)dag dig dug,, jantung saya berdebar.. ga lupa sebelum ujian saya berdoa sejenak.Soal pertama saya langsung syok!!!apaan ini soal pertama saya langsung blank dan tidak tau jawabannya, saya panik karna soal itu saya tidak bahas sebelumnya, wah parah ni baru nomor 1saja sudah blank, saya jawab saja dengan semampu saya, lanjut ke nomor berikutnya (Sebagai peringatan buat yang mau ujian, soal exam di cisco tidak bisa kembali (back), jadi usahakan jawab semua soal),soal berikutnya ternyata bisa saya jawab, terus dan terus tidak terasa sudah soal ke 55 (wah cepat juga saya menyelesaikannya sekitar 20 menit).klik end exam. CONGRATULATIONS!!! Wow ternyata saya dapat menyelesaikannya. pak, mak, tulang,namboru, lae, teman2 saya lulus!!! Saya pengen lompat2 saat itu hehehe.. cuma malu karena ada pengawasnya.. hahha

Terlebih saya ucapkan terimakasih kepada Tuhan akhirnya saya pass CCDA dan semua itu bukan karena kemampuan saya semata.

efa2fccf71b3d8b79014e473ff637163_ccda


TAGS   cisco / CCDA / design / jaringan / network / dani royman simanjuntak / danijuntak / data center /


Who Am I?

Dani Royman Simanjuntak
@danijuntak
Karyawan IT sekaligus mahasiswa IT atau sebaliknya, still newbie, belajar belajar dan belajar... never stop dreaming, never stop learning.. HORAS... HORAS... HORAS!!!!

Terbaru

Recent Comment

Arsip