If You Like This Post, Share it With Your Friends

UPACARA ADAT BATAK TOBA

15 Jun 2013 - 12:30 WIB

bd97a5f802fa9915d02896fbf9108eb0_adatKehidupan Masyarakat Batak adalah kehidupan yang sangat menjunjung tinggi adatnya. Masyarakat Batak bahkan sebelum lahir ke dunia pun (masih dalam kandungan) sudah melakoni adat sampai seorang Batak tersebut meninggal dan menjadi tulang-belulang masih ada serangkaian adat. Ini bukan menunjukkan rumitnya Batak dan adatnya, ini menunjukkan bahwa Dalihan Natolu (Somba marhula-hula, Elek marboru, Manat mardongan tubu) selalu ditunjukkan dengan perayaan serta syukuran dan Adat digunakan sebagai pertanda.Beberapa macam Adat Batak Toba:

1.Upacara adat Mangirdak atau Mangganje atau Mambosuri boru (adat tujuh bulanan)

Upacara adat Mangirdak adalah upacara yang diterima oleh seorang ibu yang usia kandungannya tujuh bulan.Pihak keluarga membawa makanan seperti ikan mas dan nasi untuk diberikan kepada Ibu yang mengandung dengan harapan anak yang dilahirkan sehat begitu pula ibunya yang melahirkan.

mangirdak

 

2. Upacara adat Mangharoan

Upacara adat mangharoan (dibaca:Makkaroan) adalah upacara adat yang dilaksanakan setelah dua minggu kelahiran bayi untuk menyambut kedatangan bayi tersebut dalam keluarga tersebut.

 

3. Upacara adat Martutu aek

Upacara adat martutu aek adalah upacara adat pemberian nama kepada bayi. Namun, padasaat ini, upacara ini sudah tidak dilakukan lagi karena dianggap tidak sesuai dengan ajaranagama.

1d6ef3d6c77c09aa5c32f4f180e8a2e8_martutuaek

4. Upacara adat Marhajabuan

Upacara adat marhajabuan adalah upacara adat pernikahan sesuai dengan adat Batak Toba, marhajabuan(berumah-tangga) artinya setiap masyarakat batak yang akan berumah tangga atau menikah harus melalui sebuah pesta adat tidak boleh hanya dibaptis di gereja atau hanya sekedar akad nikah. Acara ini akan dihadiri oleh seluruh sanak keluarga dari pihak pria maupun wanita dan diadakan pemberian ulos kepada pasangan yang menikah.

276c7b1fb91aeec1e2b8fecc8ff5f92c_maxresdefault5. Upacara adat Manulangi

Upacara adat manulangi adalah upacara adat yang diberikan kepada orang tua yang lanjut usianya dengan menyuapi/menyulangkan makanan kesukaan atau makanan yang terbaik oleh anak dan cucunya.

3c3ba057642fd475a51aa1b561a2bac4_manulangi3

6. Upacara adat Hamatean

Upacara adat hamatean adalah upacara adat kematian saat seseorang Batak meninggal disesuaikan dengan adat Batak Toba apakah adat yang akan dibuat jika seseorang meninggal sebagai sari matua, saur matua, maulibulung dll.

c3428e0cff540fa06bafcb8ed8a2571a_mate

7. Upacara adat Mangongkal holi

Upacara adat mangongkal holi adalah upacara adat penggalian tulang belulang orang tua yangtelah meninggal untuk dimasukkan kedalam tugu (monumen untuk menghormati orang yang meninggal).

47ebdae668e23ce0971ca924018535cc_holi2

 

Secara umum itulah adat Batak yang dilakukan seorang Batak selama hidupnya, sungguh unik bukan?
Jadi menjadi orang Batak dilatih untuk menjadi orang beradat dan beradap dari seluruh upacara adatnya.
Jangan pernah malu jadi orang Batak!


TAGS   budaya batak / upacara adat batak / upacara adat batak toba / adat Batak / Mangganje / Mangirdak / Mangongkal holi / hamatean / manulangi / marhajabuan / mangoli / muli / marutu aek / mangharoan / kangkaroan / mambosuri boru / mangulosi /


Who Am I?

Dani Royman Simanjuntak
@danijuntak
Karyawan IT sekaligus mahasiswa IT atau sebaliknya, still newbie, belajar belajar dan belajar... never stop dreaming, never stop learning.. HORAS... HORAS... HORAS!!!!

Terbaru

Recent Comment

Arsip